Skip to main content

masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba

masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba tanpa alasan atau pesan khusus seperti NTLDR missing harus mendapat perhatian lebih, terutama bila dilihat dari segi perawatan. apakah sudah melakukan cara merawat komputer secara software dan hardware? kebanyakan orang sih pada enaknya menggunakan saja, dan melupakan soal perawatan baik melakukan perawatan komputer secara software dan hardware agar terhindar dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba dan merugikan anda dari waktu, tenaga dan pikiran yang sebelumnya sudah dibuat konsep di komputer namun komputer mati sendiri secara tiba-tiba.

masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba
rasa kesal, marah, jengkel tentunya tidak dapat disembunyikan. akan terpampang jelas dimuka anda,hehe. tapi tenang, haruslah tenang untuk menghadapi situasi yang gawat seperti ini. coba lakukan sedikit tips dibawah ini untuk mengetahui dan semoga dapat membantu dalam mengupayakan komputer ke kondisi normal.

1. periksa arus listrik
mengapa listrik? ya tentunya sudah tahu dengan jelas yah bahwa barang elektronik pasti sumber utama dari listrik bukan? periksa terlebih dahulu kabel-kabel yang terhubung ke casing CPU (Central Processing Unit). cabut kabel tersebut dan colokkan kembali dan dipastikan telah terpasang dengan benar dan sesuai.

periksa arus listrik

Apabila menggunakan laptop atau netbook dapat memaksimalkan cara merawat baterai Laptop dan lakukan pengecekan pada baterai.

2. periksa kondisi power supply
power supply merupakan alat yang digunakan untuk memberikan dan menyebarkan listrik keseluruh komponen komputer melalui kabel-kabel kecil. pastikan kondisi power supply juga dalam kondisi hidup (normal), kipas berputar dan terdapat arus listrik yang masuk apabila sebelumnya telah dilakukan cabut-pasang kembali dan memastikan telah terhubung dengan baik.

power supply

3. periksa komponen motherboard
Anda dapat memulai dengan memeriksa kipas tetap bekerja dengan baik pada setiap komponen. Perhatikan juga letak dari aluminium pendingin sebab jika posisinya tidak tepat, maka walaupun ada kipas, proses pendinginan akan tetap ada masalah.Pengguna dapat juga dapat menentukan seberapa panas komputer dengan onboard sensor termal. Jika komputer Anda dilengkapi dengan sensor ini, pastikan CPU anda tidak aktif overheat.

cek komponen motherboard

apabila kedua tips tersebut dalam kondisi normal dan bekerja seperti biasanya, lanjutkan untuk melakukan pengecekan pada komponen motherboard yang lainnya. beberapa komponen yang harus diperiksa dalam mengatasi penyebab komputer mati sendiri secara tiba-tiba yaitu :

a. kipas processor
pastikan kipas atau fun dapat berputar dengan normal. apabila didapat temuan bahwa kipas processor berputar agak lambat anda harus memberikan sedikit minyak goreng, atau oli atau minyak pelumas lainnya untuk melancarkan putaran kipas tersebut. agar suhu processor stabil sehingga dapat mengatasi penyebab komputer mati sendiri secara tiba-tiba.

kipas processor

b. pasta yang kering
pasta yang kering akan menghambat proses penyaluran pendinginan dari kipas processor yang terus bekerja hingga akhirnya suhu terus naik tanpa adanya pendinginan dan akhirnya damm, komputer mati atau restart.

pasta yang kering

c. Memori RAM yang kotor
memori RAM (Random Acces Memory) berjalan searah dengan processor. semakin tinggi processor lebih bagusnya RAM juga tinggi, jadi agar stabil dalam kinerja. lepas terlebih dahulu pengait kunci pada setiap sudut. kemudian, bersihkan yang warna kuning keemasan menggunakan karet penghapus secara pelan-pelan dan jangan terlalu ditekan. apabila terlalu ditekan dikhawatirkan kuningan tersebut akan robek. setelah dibersihkan, lap dengan tisyu kering dan jangan sekali-kali meniup dengan bibir takutnya air liurnya menempel dan menimbulkan korsleting (hubungan pendek) yang dapat berakibat fatal nantinya.

membersihkan ram

Setiap kegagalan komponen perangkat keras komputer Anda dapat menyebabkan komputer menjadi lemot atau lambat (baca : Cara meningkatkan performance pada windows 7 agar kinerja lebih baik) bahkan secara tak terduga mati tanpa peringatan. Jika Anda sebelumnya telah menambahkan perangkat keras baru, pastikan itu tidak menyebabkan masalah bagi komputer Anda. Sebelum mencoba untuk membuka perangkat keras, pastikan Anda tidak mengalami masalah karena konflik hardware dengan cara melihat Device Manager untuk mengecek kesalahan.

Jika masalah muncul ketika Anda baru saja memasang hardware baru ke dalam komputer, maka bisa dipastikan perangkat baru inilah penyebabnya. Jalankan komputer setelah membuka perangkat tadi dan amati apakah masalah anda selesai atau tidak.

Maka dari itu perhatikan tingkat kesehatan hardware komputer anda, sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan hardware yang lebih parah yang dapat mengakibatkan masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba.
Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal

Root adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan android, hampir semua orang yang menggunakan android paham dengan apa itu yang disebut dengan root. Postingan ini Eko Mulyadi buat untuk memberikan suatu hal bagi anda mengenai root lebih dalam tentunya. Akan kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian root itu sendiri. Tips yang dilakukan setelah mengeroot hp android-sebagian orang pasti bertanya tanya, apakah yang dilakukan setelah mengeroot hp? memang kebanyakan orang agak bingung dengan pertanyaan semacam ini. nah untuk itu saya akan merangkum 15 hal yang dilakukan setelah anda mengeroot hp anda. lalu apa yang dilakukan setalah mengeroot hp? simak penjelasan berikut Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal 1. Install Custom rom Pilihan ini berada diurutan paling atas.instal rom dapat menambah rasa sayang terhadap hp anda juga.pada intinya instal custom rom yaitu mengganti keseluruhan tampilan,nama sistem,upgrade sistem.perubahan yang palin

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware dipilih sebagai lanjutan dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba . tentunya perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga memperoleh hasil atau kinerja komputer akan menjadi stabil. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya hal yang sangat dasar sering dilupakan dalam hal cara merawat komputer yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Cara Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7

Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7 menjadi bahasan berikutnya. Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Dimana jendela My Computer atau Windows Explorer tidak terdapat partisi harddisk yang kita miliki. Apabila hal tersebut terjadi di kita jangan terburu-buru panik dan lakukan googlling, dan ketemu dehh postingan Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7.