Skip to main content

Cara Merawat Baterai Laptop

sekarang ini, jenis dan merk laptop banyak sekali. mengapa orang cenderung memilih laptop daripada komputer? jawabnya singkat, simpel. ya karena simpel itulah orang lebih cenderung ke laptop tanpa harus membawa perangkat lain seperti cpu, monitor, keyboard dan mouse. semuanya telah dikemas dalam bentuk laptop. terkadang orang hanya sekedar membeli saja, kurang memperhatikan aspek penting dari sebuah laptop, dalam hal ini baterai. kenapa baterai penting? karena dengan baterai inilah laptop dapat digunakan dimana-mana, sebagai penyimpan daya listrik yang nantinya akan digunakan untuk kebutuhan laptop. Dan tak sedikit yang mengerti tentang merawat baterai laptop. maka sering dijumpai kalimat seperti baterai boros, baterai ngedrop, bahkan ada yang bilang batreai jebol. itu karena kurangnya perawatan terhadap baterai laptop.

Sebelum membagikan cara Merawat Baterai Laptop agar awet ya seperti saya ini, sudah memakai netbook merk XX sekitar 3tahun baterainya masih maknyus bertahan 4 jam. kok bisa awet gitu? kasih tau dong triknya? tenang, lebih baik kita tahu mengenai hal yang dapat merusak baterai laptop, antara lain :

1. Pemakaian laptop diluar kewajaran
laptop hanya difungsikan untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang ringan. bukan malah untuk digunakan untuk mengoperasikan hal yang berat, seperti main game, editing foto dan video, dan penggunaan program berat lainnya yang memakan daya baterai banyak.

2. menggunakan laptop yang sedang dicharger
Percayalah hal ini akan memperpendek umur baterai Laptop. dalam buku manual pun dijelaskan demikian, charge laptop pada saat dimatikan untuk pengisian daya maksimal.

3. menggunakan laptop sampai mati sendiri (baterai kosong)
setidaknya, ada sedikit daya yang tersimpan dalam baterai untuk mensuplai apabila hendak dihidupkan. apabila terus berlanjut, hal ini tentu akan mengakibatkan hardware yang lain juga mengalami kerusakan yang terjadi dalam jangka panjang.

4. meletakkan laptop di atas bantal atau cooling fan
sedikit yang tahu bahwa cooling fan justru membuat baterai cepat habis serta suhu yang terus meningkat. hal sepele seperti Ini Kadang tidak diketahui oleh pengguna Laptop.

cooling fan

5. charge laptop sesuai prosedur
tentunya hal ini sangat berpotensi merusak baterai laptop. Segera lepas charger apabila sudah ada indikasi baterai sudah penuh. dan masih banyak lagi faktor yang lain, yang belum bisa disebutkan tentunya.

oke, sesuai janji saya akan membagikan trik mengenai merawat baterai laptop agar umurnya panjang dan tahan lama. berikut Tips Merawat Baterai Laptop :

1. Gunakan laptop di tempat kering dan sejuk, jauh dari jangkauan sinar matahari, dan tidak diperkenankan menggunakan alas yang empuk untuk mengganjal. saya sendiri pun merasa nyaman saat meletakkan laptop di atas bantal. kemudian saya berpikir, bahwa bantal bukan merupakan bahan konduktor, melainkan bahan isolator. maksudnya adalah, bagian bawah laptop akan terus panas apabila tetap diletakkan diatas bantal karena tidak adanya penyaluran suhu yang panas. 

2. matikan laptop saat muncul notifikasi baterai telah lemah. apabila menjumpai hal seperti ini, diharapkan segera mematikan laptopnya, atau langsung men-charge laptop anda karena dengan adanya notifikasi tersebut bahwa baterai hanya mampu untuk mensuplai komponen yang terkait saja.

notifikasi baterai lemah


3. Hindari pemakaian laptop diluar anjuran buku manual. Maksimal pemakaian laptop adalah lima sampai enam jam per hari dengan menggunakan daya dari baterai. hal ini tentunya tergantung juga dengan program aplikasi yang dijalankan saat laptop dihidupkan, jadi jangan sampai lebih dari pada itu.

4. Jangan menghidupkan laptop yang sedang dicharger. sederhananya begini, Kalau pakai ya pakai, kalau charger ya charger. untuk memaksimalkan penyimpanan daya yang masuk ke baterai.

charge laptop, cas laptop

5. manfaatkan software gratis untuk menjaga performa baterai laptop
kemungkinan Ada software yang berfungsi untuk menjaga kestabilan performa baterai. Software ini dapat di download secara gratis ataupun berbayar. Tapi, saya pernah mencobanya, tapi siapa tahu bermanfaat, silahkan cari di internet dengan keyword Battery Case.

6. Apabila memang sudah terlanjur rusak, anda ganti baterai dengan baterai yang original jangan yang kw. memang klo harga original agak mahal, tapi berbicara soal kualitas tentunya itu hal yang sepadan. Sesuaikan antara baterai dengan laptop, serta charger lama. Pastikan type baterainya harus sesuai.

baterai sesuai type laptop


informasi yang saya bagikan mengenai cara merawat baterai laptop cukup sampai disini. ya memang hal diatas yang sering saya lakukan pada laptop (saya belum punya laptop, hanya notebook kreditan). maklum masih statusnya pelajar,,he
Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal

Root adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan android, hampir semua orang yang menggunakan android paham dengan apa itu yang disebut dengan root. Postingan ini Eko Mulyadi buat untuk memberikan suatu hal bagi anda mengenai root lebih dalam tentunya. Akan kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian root itu sendiri. Tips yang dilakukan setelah mengeroot hp android-sebagian orang pasti bertanya tanya, apakah yang dilakukan setelah mengeroot hp? memang kebanyakan orang agak bingung dengan pertanyaan semacam ini. nah untuk itu saya akan merangkum 15 hal yang dilakukan setelah anda mengeroot hp anda. lalu apa yang dilakukan setalah mengeroot hp? simak penjelasan berikut Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal 1. Install Custom rom Pilihan ini berada diurutan paling atas.instal rom dapat menambah rasa sayang terhadap hp anda juga.pada intinya instal custom rom yaitu mengganti keseluruhan tampilan,nama sistem,upgrade sistem.perubahan yang palin

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware dipilih sebagai lanjutan dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba . tentunya perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga memperoleh hasil atau kinerja komputer akan menjadi stabil. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya hal yang sangat dasar sering dilupakan dalam hal cara merawat komputer yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Cara Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7

Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7 menjadi bahasan berikutnya. Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Dimana jendela My Computer atau Windows Explorer tidak terdapat partisi harddisk yang kita miliki. Apabila hal tersebut terjadi di kita jangan terburu-buru panik dan lakukan googlling, dan ketemu dehh postingan Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7.