Skip to main content

9 Alasan Lambatnya Charger Baterai Ponsel

Dikutip dari okezone.com  - Pernahkah Anda merasa jengkel saat menunggu proses pengisian daya smartphone yang tidak kunjung selesai, padahal telah men-charger baterai ponsel dengan waktu yang cukup lama.

Dengan adanya tips ini, anda tidak perlu khawatir, terdapat sejumlah hal yang menyebabkan charger ponsel mengisi lambat, dan hal ini bukan lantaran hardware yang digunakan dalam ponsel. Akan tetapi, terdapat sejumlah faktor lainnya yang menyebabkan pengisian daya ponsel tidak cepat.

9 Penyebab Lambatnya Charger Ponsel

Berikut ini 9 alasan lambatnya charger baterai ponsel yang mungkin bisa menjadi pedoman Anda saat kondisi tersebut melanda. Sebagaimana dilaporkan Android Authority, seperti berikut ini :

Kabel Jelek
Bila smartphone berjalan lambat, sebaiknya checking mengenai kualitas kabel USB sebagai langkah pertama mengetahui penyebab charger ponsel lamban. Kerusakan ataupun kualitas kabel USB yang buruk menjadi alasan yang mungkin terjadi, karena banyak orang yang menggunakan setup charger sama.

Sumber Daya Lemah
Pernahkah anda menggunakan PC untuk mengisi daya ponsel, maka hp menggunakan metode pengisian daya lambat. Bahkan dengan USB 3.0 sekalipun, standar energi yang keluar hanya 0,9A. Idealnya, kabel atau port USB akan rusak bila energi yang dialirkan sedikit atau bahkan rendah.

Adaptor Buruk
Alasan lain yang menyebabkan charger ponsel lamban adalah adaptor Anda buruk. Bagian ini seharusnya menjadi bagian yang kuat yang harus dimiliki ponsel. Hal ini lantaran, adaptor dirancang untuk menerima lonjakan dari ponsel Anda. Kerusakan itu bisa saja dikarenakan lonjakan listrik yang meninggalkan gumpal kuning kecil di dalamnya. usahakan selalu menggunakan adaptor asli bawaan ponsel agar pengisian baterai tidak terganggu.

Ketinggalan Zaman / kuno
Ini akan menjadi hal yang sensitif. Bila Anda merasa ponsel mengisi daya lebih lambat dari perangkat ponsel yang terbaru, hal karena prosesor yang terbenam di perangkat anda belum memiliki kemampuan pengisian daya cepat.

Baterai Jelek
Seiring dengan usia ponsel, maka baterai ponsel tertanam dalam ponsel biasa menjadi buruk atau rusak. Bila kondisi baterai dirasa sudah menurun, sebaiknya Anda menggantinya dengan baterai yang baru, namun perlu dicatat, baterai yang digunakan haruslah baterai orisinil. sebagai bahan pertimbangan dapat juga membaca ulasan saya mengenai 8 Aplikasi Penghemat Baterai Android Paling Baik

Ponsel bekerja terus menerus
Istirahatkan ponsel saat mengisi daya baterai merupakan langkah bijak agar charger ponsel lebih cepat. Sejatinya, penguras baterai terletak pada layar ponsel. Walaupun terlihat menarik dengan membiarkan ponsel terang dan menyala, namun hal ini merupakan salah satu penyebab terkurasnya baterai. Oleh karena itu, saat meng-charge ponsel ada baiknya untuk ponsel dalam kondisi non-aktif / mode pesawat terbang.

Aplikasi Background
Meskipun layar ponsel merupakan pengisap daya baterai tersebut, namun Anda memiliki aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background, sehingga merusak daya tahan baterai dan mengakibatkan pengisian daya ponsel melambat.

Port USB Terhalang
Menaruh ponsel dalam saku celana atau tas memungkinkan port USB ponsel tersumbat dengan debu atau partikel lainnnya. Namun terkadang, pengguna tidak menyadari adanya debu di port USB, sehingga saat men-charge ponsel mendorong debu atau partikel tersebut ke dalamnya. sehingga, koneksi yang dihasilkan menjadi tidak baik.

Port USB Rusak
Bila ponsel masih tidak bisa mengisi daya dengan baik, kemungkinan lain ialah rusaknya port USB dalam ponsel Anda. Bila hal ini terjadi, sebaiknya Anda segera perbaiki perangkat kepada orang yang profesional di bidangnya.

ulasan singkat mengenai 9 Alasan Lambatnya Charger Baterai Ponsel, apabila terdapat yang tambahan mengenai hal yang sama dapat ditambahkan pada kolom komentar. terima kasih dan semoga bermanfaat.
Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal

Root adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan android, hampir semua orang yang menggunakan android paham dengan apa itu yang disebut dengan root. Postingan ini Eko Mulyadi buat untuk memberikan suatu hal bagi anda mengenai root lebih dalam tentunya. Akan kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian root itu sendiri. Tips yang dilakukan setelah mengeroot hp android-sebagian orang pasti bertanya tanya, apakah yang dilakukan setelah mengeroot hp? memang kebanyakan orang agak bingung dengan pertanyaan semacam ini. nah untuk itu saya akan merangkum 15 hal yang dilakukan setelah anda mengeroot hp anda. lalu apa yang dilakukan setalah mengeroot hp? simak penjelasan berikut Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal 1. Install Custom rom Pilihan ini berada diurutan paling atas.instal rom dapat menambah rasa sayang terhadap hp anda juga.pada intinya instal custom rom yaitu mengganti keseluruhan tampilan,nama sistem,upgrade sistem.perubahan yang palin

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware dipilih sebagai lanjutan dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba . tentunya perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga memperoleh hasil atau kinerja komputer akan menjadi stabil. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya hal yang sangat dasar sering dilupakan dalam hal cara merawat komputer yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Cara Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7

Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7 menjadi bahasan berikutnya. Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Dimana jendela My Computer atau Windows Explorer tidak terdapat partisi harddisk yang kita miliki. Apabila hal tersebut terjadi di kita jangan terburu-buru panik dan lakukan googlling, dan ketemu dehh postingan Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7.