Skip to main content

Jajaran 4 Ponsel dengan Kamera terbaik 2014

Feature kamera pada smartphone merupakan salah satu alasan yang mendorong seseorang pecinta fotografi untuk memilikinya. Dukungan lensa kamera dengan kualitas diatas rata-rata sekelas ponsel pada umumnya dapat dijadikan solusi untuk mengabadikan momentum terbaik anda dengan hasil yang menawan. Di akhir tahun 2014, banyak sekali merk terkenal menawarkan produk unggulannya dari sisi kamera dan segala feature pendukung kamera yang dilengkapi dengan feature terbarunya. Apa saja ponsel yang memiliki kamera terbaik diakhir tahun 2014? Mari simak ulasan yang penulis peroleh dari berbagai sumber.

1. iPhone 5

iPhone 5 hanya mengandalkan resolusi kamera yang sama seperti iPhone 4S sebagai generasi pendahulunya, yakni 8MP. Namun, iPhone 5 sudah dilengkapi mode panorama dan kecepatan membidik sasaran jauh lebih cepat sekitar 40% dari iPhone 4. Walaupun ukuran resolusi kamera utama maksimalnya sebesar 8MP dapat bersaing dengan hasil jepretan yang sangat bagus.

iPhone 5

Tidak hanya kamera utama, Apple juga mengupgrade untuk kamera sekundernya. Jika sebelumnya hanya menggunakan resolusi VGA, di iPhone 5 sudah menggunakan beresolusi 1,2 MP.
 

2. Samsung Galaxy S4

Resolusi kamera yang dipakai Samsung Galaxy S4 sebesar 13MP dilengkapi feature yang melimpah dari pabrikan ponsel korea ini. Hal yang paling unik adalah mode kamera foto dan perekam video sudah menjadi satu yang tidak ditemukan pada merk ponsel lain.
 
Samsung Galaxy S4

Sebenarnya feature semacam ini telah tersedia di S3, foto dan mereka video dapat dilakukan bersama-sama. Burst shot dan Best shot yang dimiliki S3 juga sudah dimasukkan pada S4. Ditambah lagi dengan Dual shot yang mana dapat menggunakan bersama sama kamera utama dan kamera depan. Feature ini bekerja dengan baik untuk merekam video dan layanan video call yang mengandalkan kamera depan. Kelebihan seperti ini tidak hanya merekam apa yang dibidik namun expresi muka dari pemotret yang natural dapat terabadikan. simak juga 7 cara merawat baterai smartphone android.

3. Nokia Lumia 1020

resolusi kamera untuk ukuran smartphone dimiliki Nokia yaitu sebesar 41 megapixel dengan hardware lensa masih setia menggunakan Carl Zeis. Sangat asing dengan nama Nokia Lumia 1020, karena memang belum diluncurkan secara resmi di Indonesia.

Dalam sekali bidikan, Nokia Lumia 1020 langsung menghasilkan dua gambar namun dengan tingkat resolusi yang berbeda yaitu resolusi 40 MP dan 5 MP. Output resolusi ukuran 5 MP merupakan hasil setelah proses oversampling dikerjakan, yang akan lebih cocok untuk dibagikan ke jejaring sosial karena ukuran file yang cukup besar bila dibandingkan dengan resolusi 40MP.
 
Teknologi OIS sudah tersedia dilengkapi Sensor BSI 1/1.5 pada Nokia Lumia 1020, dimana sensor ini lebih kecil daripada Nokia Pureview 808 (BSI 1/1.2). keunggulan lainnya yang diperoleh seperti 6 lensa optik Carl Zeiss sebesar 26mm f/2.2, mode bidikan autofocus (fokus otomatis) dan manual (fixded focus), didukung teknologi PureView, serta Xenon Flash yang umum dipergunakan untuk kamera digital, serta LED Flash untuk mengabadikan foto dan video dengan kondisi minim cahaya. Hasil gambar yang supertajam merupakan unggulan dari Sensornya backside illuminated berukuran 1/1.5 inci, dan dimantapkan dengan OIS (optical image stabilization).
 
Nokia Lumia 1020

Tak lengkap hanya didukung dari sisi keunggulan hardware semata, pihak Nokia juga sudah merancang aplikasi pendukung feature tersebut. Aplikasi Pro Camera dan Smart Camera dapat diandalkan untuk mengabadikan dalam mode full manual dengan Nokia Lumia 1020, agar dapat merasakan sensasi memotret seperti kamera DSLR ala profesional yang lengkap dengan shutter speed, ISO, dan white balance. Aplikasi pendukung lainya seperti Creative Studio, Panorama, Nokia Glam Me Lens, PhotoBeamer, Cinemagraph, dan Smart Camera yang memberikan kebebasan mode penggunaan saat memotret – menggunakan autofocus atau manual.

Membuat video tanpa penurunan kualitas gambar dan suara dapat dilakukan dengan resolusi maksimal 1080p dengan zoom in sampai 4 kali, atau sampai 6 kali apabila dengan resolusi sebesar 720p.

4. HTC One

HTC One mengusung teknologi kamera terbaru yang dinamai UltraPixel. Sangat jauh apabila dibandingkan dengan ukuran resolusi hanya sebesar 4MP. Tak perlu kecewa, teknologi UltraPixel memberikan daya saing yang sebanding dengan smartphone beresolusi 13MP. Hebat bukan?
Teknologi UltraPiksel diklaim pihak HTC akan memperjelas ukuran tiap piksel yang tiga kali lebih besar dari ukuran per piksel pada umumnya dengan kamera beresolusi sampai dengan 13MP. Akan tetapi dengan ukuran chip yang sama dengan chip milik kamera 12MP, maka tidak mengherankan bila pada akhirnya besaran resolusi yang diusung harus dipangkas hingga sepertiganya.

HTC One
 
Teknologi UltraPiksel dilengkapi sensor berdiagonal 1/3” serta apperture 2.0 ini juga memberikan ruang cahaya yang masuk ke sensor jauh lebih banyak. Sehingga dapat membantu dalam mengambilan gambar agar bagus kondisi low-light (minim cahaya). Dengan rasio pengambilan gambar dan video yang sama, Anda juga dapat membuat video dari kumpulan momentum gambar yang dihasilkan menggunakan bantuan aplikasi Video Highlights.

semoga Jajaran 4 Ponsel dengan kamera terbaik 2014 dapat dijadikan referensi bagi yang memiliki hobi fotografi dengan multitasking smartphone. Tidak lupa baca juga 3 Ponsel Terbaik Akhir Tahun 2014 dengan feature Premium
Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal

Root adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan android, hampir semua orang yang menggunakan android paham dengan apa itu yang disebut dengan root. Postingan ini Eko Mulyadi buat untuk memberikan suatu hal bagi anda mengenai root lebih dalam tentunya. Akan kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian root itu sendiri. Tips yang dilakukan setelah mengeroot hp android-sebagian orang pasti bertanya tanya, apakah yang dilakukan setelah mengeroot hp? memang kebanyakan orang agak bingung dengan pertanyaan semacam ini. nah untuk itu saya akan merangkum 15 hal yang dilakukan setelah anda mengeroot hp anda. lalu apa yang dilakukan setalah mengeroot hp? simak penjelasan berikut Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal 1. Install Custom rom Pilihan ini berada diurutan paling atas.instal rom dapat menambah rasa sayang terhadap hp anda juga.pada intinya instal custom rom yaitu mengganti keseluruhan tampilan,nama sistem,upgrade sistem.perubahan yang palin

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware dipilih sebagai lanjutan dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba . tentunya perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga memperoleh hasil atau kinerja komputer akan menjadi stabil. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya hal yang sangat dasar sering dilupakan dalam hal cara merawat komputer yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Cara Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7

Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7 menjadi bahasan berikutnya. Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Dimana jendela My Computer atau Windows Explorer tidak terdapat partisi harddisk yang kita miliki. Apabila hal tersebut terjadi di kita jangan terburu-buru panik dan lakukan googlling, dan ketemu dehh postingan Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7.