Skip to main content

Mengenal Jaringan Komputer

Jaringan adalah merupakan satu kesatuan sistem yang saling berhubungan. Apabila digabungkan dengan kata KOMPUTER atau PC (personal computer) menjadi Jaringan Komputer (computer networking) adalah sebuah sistem yang saling berinteraksi dan terdiri atas komputer dan perangkat jaringan (bisa software maupun hardware) yang dibuat untuk saling bekerja sama dan tujuan yang sama.

Berikut ini merupakan tujuan dari jaringan komputer adalah:
  1. Membagi sumber daya, hal ini dapat diartikan berbagi pemakaian perangkat seperti printer, CPU, harddisk.
  2. Komunikasi, seperti surat elektronik (e-mail), instant messaging, chatting
  3. Akses informasi, seperti web browsing (Internet) yang sering kita jumpai pada warnet dan perangkat yang dapat berkomunikasi dengan internet.
mengenal jaringan komputerUntuk mencapai tujuan yang sama, setiap elemen dari jaringan komputer dapat meminta (request) dan menyediakan layanan (server). Sebutan bagii pihak yang meminta layanan dinamakan klien (client) sedangkan pihak yang menyediakan layanan dinamakan pelayan (server). Arsitektur jaringan komputer seperti ini bisa disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.


Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan skala :
  1. Local Area Network (LAN), dapat diartikan juga sebagai jaringan wilayah lokal yang berupa jaringan milik pribadi berada di gedung atau tempat yang berukuran sampai beberapa 1 - 10 kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi / personal computer (PC) dan stasiun kerja (workstation) dalam organisasi untuk berbagi sumber daya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi.
  2. Metropolitant Area Network (MAN), sedangkan Jaringan Metropolitan merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu daerah cukup luas, yang terdiri atas puluhan gedung yang berjarak sekitar 10 - 50 kilometer. Media transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (Fiber Optic).
  3. Wide Area Network (WAN), Jaringan wilayah luas Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua. Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.
Klasifikasi jaringan komputer berdasarkan fungsi ialah pada dasarnya setiap jaringan komputer memiliki dua fungsi yaitu sebagai client dan juga sebagai server. Untuk saat ini, jaringan komputer dapat dijadikan secara khusus sebagai server sedangkan komputer yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak mempunyai komputer khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

1. Client-server
Yaitu jaringan komputer dimana satu komputer didesain secara khusus sebagai server. Sebuah service dapat diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti http://www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.

2. Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client dalam waktu yang bersamaan. Sebagai contoh pada saat file sharing antar komputer dalam Jaringan Windows Network Neighbourhood terdapat 5 unit komputer (misalkan diberi nama PC A,B,C,D dan E) yang dapat memberikan hak akses terhadap file yang ada pada komputer tersebut. Pada saat PC A mengakses file share dari B bernama data_siswa.xls dan mengakses file soal_ujian.doc kepada PC C. Saat PC A mengakses file dari PC B maka PC A sedang berfungsi sebagai client dan saat PC A memberi akses file kepada PC C maka PC A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi tersebut dapat dilakukan oleh PC A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer
Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal

Root adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan android, hampir semua orang yang menggunakan android paham dengan apa itu yang disebut dengan root. Postingan ini Eko Mulyadi buat untuk memberikan suatu hal bagi anda mengenai root lebih dalam tentunya. Akan kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian root itu sendiri. Tips yang dilakukan setelah mengeroot hp android-sebagian orang pasti bertanya tanya, apakah yang dilakukan setelah mengeroot hp? memang kebanyakan orang agak bingung dengan pertanyaan semacam ini. nah untuk itu saya akan merangkum 15 hal yang dilakukan setelah anda mengeroot hp anda. lalu apa yang dilakukan setalah mengeroot hp? simak penjelasan berikut Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal 1. Install Custom rom Pilihan ini berada diurutan paling atas.instal rom dapat menambah rasa sayang terhadap hp anda juga.pada intinya instal custom rom yaitu mengganti keseluruhan tampilan,nama sistem,upgrade sistem.perubahan yang palin

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware dipilih sebagai lanjutan dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba . tentunya perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga memperoleh hasil atau kinerja komputer akan menjadi stabil. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya hal yang sangat dasar sering dilupakan dalam hal cara merawat komputer yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Cara Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7

Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7 menjadi bahasan berikutnya. Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Dimana jendela My Computer atau Windows Explorer tidak terdapat partisi harddisk yang kita miliki. Apabila hal tersebut terjadi di kita jangan terburu-buru panik dan lakukan googlling, dan ketemu dehh postingan Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7.