Skip to main content

Tercyduk Strategi Online Marketing dengan Media Sosial Gratis dan Tertarget

Bermacam cara pebisnis memperkenalkan barang dagangannya, mulai dari yang berbayar (dalam hal ini iklan) dan versi GRATIS. Mari kita bahas dari versi yang GRATIS terlebih dahulu, karena memang yang namanya GRATIS sangatlah dicari bahkan selalu dinanti. Ciehh

Pemasaran Online atau bahasa keren kekinian Online Marketing sangatlah berdampak pada perkembangan ilmu dan pengetahuan teknologi saat ini. Media sosial sangatlah digandrungi oleh masyarakat era modern saat ini. Media sosial dapat berupa Facebook, twitter, Youtube, Google Plus, Path, dsb (dan saya bingung) karena saking banyaknya media sosial yang ada.

Media sosial pada umumnya hanya digunakan untuk menjalin pertemanan, saking banyaknya teman tak sedikit yang berhasil mendulang rupiah dari hasil promosi produk yang memang ditawarkan oleh agen pemasaran online. Yah, itulah sekelumit cerita singkat yang memang terjadi pada dunia digital kebanyakan beralih fungsi untuk dijadikan sebagai passive income.

marketing lewat media sosial, contoh sosial media marketing, cara menentukan sasaran pasar dalam pemasaran melalui media sosial, contoh media pemasaran, definisi viral marketing, social media marketing menurut para ahli, strategi sosial media, pengertian media pemasaran
Pemasaran Media sosial

Sudah menjadi hal yang lumrah bila keberadaan beranekaragam #media sosial di masa kini dimanfaatkan untuk tujuan pengembangan bisnis. Dengan konsep yang lebih modern, lebih unik, pebisnis modern mencoba untuk menyampaikan visi dan misi bisnis mereka melalui media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat dari bermacam-macam tingkat ekonomi. Hal ini memang cukup unik dan kreatif, mengingat media sosial telah menjadi media penyebaran informasi yang sangat efektif dan mempengaruhi persepsi banyak orang.

Walaupun menggunakan media sosial adalah sebuah strategi bisnis yang tepat, kita tentu harus memahami esensi penggunaan media sosial bagi masyarakat modern. Melalui persamaan persepsi dengan para pengguna media sosial lainnya, kita dapat mencari tahu mengenai ekspektasi apa yang diharapkan dari produk bisnis kita. Nah, agar kita menjadi lebih kreatif dan cermat dalam menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran, pelajari dulu yuk beberapa triknya berikut ini:

1. Konten kreatif mengundang ketertarikan

Konten yang seru dan kreatif menjadi salah satu kunci kesuksesan pemasaran melalui media sosial. Konten yang seru akan membuat para pengguna internet tertarik untuk selalu mengikuti informasi yang kita berikan. Pilihlah konten yang unsur viralnya (unsur share) tinggi. Pengguna internet akan merasa tertarik untuk membagikan informasi yang menarik.

Kesempatan yang diperoleh dari share tersebut bisa membuat pengguna internet lainnya mulai mengenal informasi dan produk bisnis kita. Dan usahakan untuk membuat konten yang singkat, padat namun menarik agar pengguna internet tak merasa malas untuk membacanya, ya.

2. Tentukan Target dan Jenis Media yang Akan Digunakan

Kalangan mana yang menjadi target kita dalam memasarkan produk? Apakah target kita adalah pengguna media sosial yang berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa, atau kalangan eksekutif muda yang memiliki segudang rutinitas?

Ini tentu harus kita pelajari terlebih dahulu. Pada umumnya mungkin produk-produk kuliner bisa menjangkau pasar yang lebih luas, sementara produk-produk teknologi dengan harga yang cukup mahal lebih baik difokuskan pada kalangan eksekutif muda atau mahasiswa yang ekonominya memadai.

Selain memutuskan kalangan mana yang akan dijadikan target, kita juga harus fokus memilih media sosial mana yang cocok untuk memasarkan produk kita. Gunakan saja media sosial yang memiliki banyak pengguna seperti #Facebook,  Twitter  atau Instagram. Kita juga bisa menggunakan forum-forum Indonesia yang sering dikunjungi oleh para pengguna internet, seperti Kaskus dan Detik.com. Buatlah perpaduan yang membuat pengguna internet merasa pemasaran, misalnya berikan posting singkat di Twitter atau Instagram untuk mengarahkan para audience ke halaman yang lebih besar lagi, seperti forum atau Facebook Page.

3. Ajaklah followers berkomunikasi layaknya calon pelanggan potensial

Menentukan target bisnis sudah, memilih konten dan jenis media sosial yang tepat juga sudah. Sekarang saatnya untuk memanfaatkan bantuan dari orang-orang sekitar kita. Memiliki banyak teman Facebook, #Twitter atau media sosial lainnya merupakan hal yang positif untuk mulai memperkenalkan bisnis kita.

Coba berikan posting, tweet atau wall post secara internal agar mereka bisa lebih mengenal produk bisnis kita. Langkah ini mungkin efektif bila mereka merasa senang dan ingin membagikan informasi kepada kerabat-kerabat lainnya.So, jangan bosan untuk menjalin hubungan baik dengan kenalan-kenalan di media sosial.

4. Carilah Pihak yang Tepat

Memilih key opinion leader (influencer) yang tepat memang perkara yang susah-susah gampang. Orang yang aktif menggunakan media sosial setiap hari, punya gaya penyampaian yang seru dan punya banyak followers adalah kriteria influencer yang tepat. Kita dapat bekerjasama dengan influencer tersebut untuk mempromosikan bisnis secara efektif melalui media sosial.

Contoh nyatanya yakni, bila kita memiliki #bisnis kuliner, maka kita bisa menjalin hubungan baik dengan food-blogger dan memberitahukan mengenai varian produk dan keunggulan bisnis kita. 

Dengan demikian food-blogger tersebut tentu tertarik untuk mempopulerkan produk kuliner kita. Ia dapat meyakinkan banyak orang mengenai keunggulan dan citarasa produk kuliner kita.
Jadi, jangan asal membuat akun media sosial saja untuk mencoba mempopulerkan bisnis secara modern ya. Gunakan strategi yang jitu dan minim budget untuk menciptakan sistem pemasaran yang efektif, unik dan digemari banyak orang.


Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal

Root adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan android, hampir semua orang yang menggunakan android paham dengan apa itu yang disebut dengan root. Postingan ini Eko Mulyadi buat untuk memberikan suatu hal bagi anda mengenai root lebih dalam tentunya. Akan kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian root itu sendiri. Tips yang dilakukan setelah mengeroot hp android-sebagian orang pasti bertanya tanya, apakah yang dilakukan setelah mengeroot hp? memang kebanyakan orang agak bingung dengan pertanyaan semacam ini. nah untuk itu saya akan merangkum 15 hal yang dilakukan setelah anda mengeroot hp anda. lalu apa yang dilakukan setalah mengeroot hp? simak penjelasan berikut Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal 1. Install Custom rom Pilihan ini berada diurutan paling atas.instal rom dapat menambah rasa sayang terhadap hp anda juga.pada intinya instal custom rom yaitu mengganti keseluruhan tampilan,nama sistem,upgrade sistem.perubahan yang palin

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware dipilih sebagai lanjutan dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba . tentunya perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga memperoleh hasil atau kinerja komputer akan menjadi stabil. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya hal yang sangat dasar sering dilupakan dalam hal cara merawat komputer yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Cara Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7

Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7 menjadi bahasan berikutnya. Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Dimana jendela My Computer atau Windows Explorer tidak terdapat partisi harddisk yang kita miliki. Apabila hal tersebut terjadi di kita jangan terburu-buru panik dan lakukan googlling, dan ketemu dehh postingan Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7.