Skip to main content

SOLUSI LAPTOP LEMOT, TAMBAH RAM VIRTUAL SAJA

SOLUSI LAPTOP LEMOT, TAMBAH RAM VIRTUAL SAJA - RAM atau Random Acces Memory bagian perangkat keras pada laptop atau komputer yang memiliki kegunaan untuk mengoperasikan program aplikasi di laptop pada saat digunakan untuk keperluan anda. RAM yang memiliki kapasitas besar akan lancar menjalankan berbagai macam program software. Jadi, teknik ini bisa digunakan untuk laptop dengan spesifikasi RAM yang berukuran 1GB (seperti netbuk saya gan,,hehe) sampai dengan 32GB, sangat bermanfaat dengan yang menggunakan spesifikasi minimal dan seefisien mungkin.

sedikit curhat ya gan, awalnya saya merasa kesal ketika lagi mengerjakan tugas kuliah. selanjutnya membuka program ini dan itu. eh, kinerjanya lemot bukan main. yang membuat tingkat kesabaran hampir habis. tapi dengan teknik SOLUSI LAPTOP LEMOT, TAMBAH RAM VIRTUAL SAJA sangat membantu sekali dan tidak membuat rumit. oh ya, saat praktek saya menggunakan sistem operasi windows 7 Ultimate 32bit ya gan.

bagi anda yang merasa laptopnya mempunyai RAM kapasitas kecil (seperti netbuk saya cuma 1GB ya, dengan teknik ini saya sulap menjadi 8GB) dan memaksa untuk dapat menikmati game berat tanpa lag (gambar yang patah-patah), saya memiliki sedikit trik untuk menambah ukuran RAM dengan mode virtual yang sangat mudah untuk langsung dipraktekkan. Metodenya adalah dengan memaksimalkan ruang atau space pada Hard Disk Drive (HDD) untuk dijadikan RAM virtual.

Cara Menambah kapasitas RAM Laptop secara virtual dengan memanfaatkan hard disk dirive yaitu :


1. Klik Start - Klik kanan Computer – Properties

Cara Menambah kapasitas RAM Laptop secara virtual


2. pilih tab Advanced system settings
Cara Menambah kapasitas RAM Laptop secara virtual


3. lalu muncul jendela pop up system properties.
Cara Menambah kapasitas RAM Laptop secara virtual

Pada tab Advanced, pilih yang Settings.


4. Pada tab Advanced di performance options, klik Change
Cara Menambah kapasitas RAM Laptop secara virtual


5. hilangkan tanda cek pada Automatically manage paging file size for all drivers
Cara Menambah kapasitas RAM Laptop secara virtual

Pilih partisi HDD yang ingin dijadikan memori RAM virtual. Pada gambar diatas, Local Disk E: memiliki 74357MB, ane akan mengalokasikan 3032MB (Initial size) dan 6064MB (Maximum size). Klik set. dan klik OK serta komputer akan meminta ijin untuk restart.

sebagai bahan percobaan tips ini, running aplikasi yang dirasakan berat dalam operasinya. setelah mengatur virtual RAM pasti akan lebih ringan dijalankan. apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan di komentar. terima kasih ya semoga bermanfaat.
Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal

Root adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan android, hampir semua orang yang menggunakan android paham dengan apa itu yang disebut dengan root. Postingan ini Eko Mulyadi buat untuk memberikan suatu hal bagi anda mengenai root lebih dalam tentunya. Akan kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian root itu sendiri. Tips yang dilakukan setelah mengeroot hp android-sebagian orang pasti bertanya tanya, apakah yang dilakukan setelah mengeroot hp? memang kebanyakan orang agak bingung dengan pertanyaan semacam ini. nah untuk itu saya akan merangkum 15 hal yang dilakukan setelah anda mengeroot hp anda. lalu apa yang dilakukan setalah mengeroot hp? simak penjelasan berikut Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal 1. Install Custom rom Pilihan ini berada diurutan paling atas.instal rom dapat menambah rasa sayang terhadap hp anda juga.pada intinya instal custom rom yaitu mengganti keseluruhan tampilan,nama sistem,upgrade sistem.perubahan yang palin

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware dipilih sebagai lanjutan dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba . tentunya perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga memperoleh hasil atau kinerja komputer akan menjadi stabil. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya hal yang sangat dasar sering dilupakan dalam hal cara merawat komputer yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Cara Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7

Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7 menjadi bahasan berikutnya. Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Dimana jendela My Computer atau Windows Explorer tidak terdapat partisi harddisk yang kita miliki. Apabila hal tersebut terjadi di kita jangan terburu-buru panik dan lakukan googlling, dan ketemu dehh postingan Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7.