Ideku Untuk PLN, terobosan baru dengan sistem baru

PLN merupakan perusahaan listrik dari badan usaha milik negara (BUMN) yang memiliki kewenangan penuh dalam memproduksi, mengelola, dan memasarkan listrik ke seluruh tanah air Indonesia. Secara bertahap PLN terus berupaya untuk mengembangkan dan memajukan kelistrikan di Indonesia. Melalui blog ini saya mengungkapkan sebuah ide terbaik demi kemajuan PLN agar dapat merangkul setiap pelanggan setianya.

Untuk paragraf ketiga dan keempat dikhususkan untuk pelanggan prabayar. Mengapa? Ya karena gangguan tersebut sangat sering dialami oleh tetangga rumah saya di kampung. Padahal instalasi sudah benar dan sudah dilakukan pengecekan juga KONSUIL dari unit terkaitnya. Hampir seminggu sekali melaporkan kejadian gangguan yang sama.

Sesegera mungkin meminimalisir permasalahan gangguan pada KWH meter yang menggunakan sistem isi ulang pulsa atau TOKEN pada layar tertera tulisan periksa / gambar tangan. Gangguan tersebut berakibat pelanggan listrik prabayar tidak dapat berbuat banyak sampai menunggu listriknya padam termasuk juga pengisian TOKEN pulsa. Pelanggan seharusnya diberikan sejenis key untuk menormalkan kembali pada saat layar tertera tulisan periksa / gambar tangan.

Pembelian pulsa token dapat dilakukan dengan menggunakan pulsa reguler dari operator telekomunikasi seluler. Melalui kerja sama PLN dengan seluruh operator telekomunikasi seluler dapat mengefektifkan waktu bagi yang tidak memiliki ATM. Mungkin ada sebagian orang tidak memiliki ATM, tapi untuk handphone dengan telepon seluler pastinya mereka memilikinya. Hal ini akan menjadikan PLN memiliki terobosan terbaru dalam memanjakan pelanggan prabayar dengan fitur kemudahan dalam pembelian token yang ditawarkan.

Ide terakhir yang saya sampaikan mohon agar dilakukan secara rutin pemeriksaan dan pemeliharaan jaringan kelistrikan apabila di wilayah tsb banyak ditemukan laporan padam minimal sebanyak 3 kali dalam seminggu. Sebaiknya, PLN jangan menunggu laporan gangguan masuk baru dikerjakan penanganan gangguan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar gangguan dengan permasalahan yang sama tidak akan terulang kembali. Sehingga kredibilitas PLN akan dijunjung tinggi oleh para pelanggan setianya. PLN seharusnya mewajibkan 1 unit mobil gangguan untuk melakukan patroli pada setiap wilayah. Apabila terjadi gangguan yang sifatnya urgent (berbahaya) dapat segera diselesaikan tepat waktu. Sehingga tidak membahayakan pelanggan dan pasokan listrik ke daerah lain.

Semoga tulisan Ideku Untuk PLN, terobosan baru dengan sistem baru yang saya buat ini dapat membantu PLN dalam mengembangkan tenaga kelistrikan untuk menerangi seluruh penjuru Indonesia agar kehidupan menjadi lebih baik.



Artikel Terkait

Ideku Untuk PLN, terobosan baru dengan sistem baru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

20 October 2014 at 22:12 delete

artikel IDEKU UNTUK PLN, TEROBOSAN BARU DENGAN SISTEM BARU sangat menginspirasi.

ini artikel untuk lomba blogdetik PLN itu ya?

Reply
avatar