Skip to main content

Penyebab Terjadinya Blue Screen

Saya sangat kaget ketika komputer jadul saya mengalami Blue Screen (Layar Biru) yang sampai saat ini masih setia menggunakan Sistem Operasi Windows XP. dengan adanya Blue Screen akan mengakibatkan kinerja dan performa Komputer anda terasa lambat (loading lama), berat (sering Not Responding) dan kemudian mengakibatkan Windows Crash serta terjadi Bugs yang akhirnya menyebabkan komputer anda tidak bisa Booting untuk masuk sistem operasi Windows sama sekali. Jangan panik dulu dan jangan asal instal ulang untuk membereskan permasalahan munculnya blue screen pada komputer. Kenali dulu penyebab terjadinya Blue Screen agar permasalahan tersebut tidak terulang kembali yang mengakibatkan anda harus menunggu lama untuk melakukan instal ulang komputer anda.

contoh tampilan blue screen

tentunya ada permasalahan atau kerusakan pada software maupun hardware pada komputer tersebut, sehingga secara otomatis komputer yang bermasalah menampilkan isi dari permasalahan tersebut. Sepengetahuan saya untuk penyebab blue screen dapat disimak sebagai berikut :

1. Permasalahan pada Software
Software komputer terkadang dapat menjadi penyebab terjadinya blue screen. mengapa demikian? simak ulasan singkatnya yah :
menginstal program komputer tertentu, betapa kagetnya setelah restart langsung terjadi blue screen. kadang ada pop up di browser mozilla atau chrome (tapi paling sering di mozilla) untuk menginstal program tertentu sebagai syarat sebelum mendownload file yang diinginkan. program tersebut berupa aplikasi komputer untuk mendownload file yang biasanya berextensi *.exe tanpa disadari file hasil download tersebut justru menjadi virus yang telah dipasang sendiri oleh user komputer tersebut. bahaya banget bukan? asal instal malah justru jadi berabeh.

bisa jadi setelah menginstal program komputer tertentu ada driver untuk hardware yang kurang kompatibel atau cocok dengan program tersebut, sehingga terjadi crash yang memicu terjadinya blue screen. jenis kerusakan atau permasalahan dapat berada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya. perlu menggunakan aplikasi bawaan windows dengan melakukan defrag secara teratur pada komputer tersebut yah.

2. ada hardware yang bermasalah
penyebab terjadinya blue screen juga bisa dari kondisi hard disk yang sudah berumur atau cukup tua yang memungkinkan terkena bad sector dikarenakan sering instal-uninstal program. atau bahkan karena keseringan instal ulang sistem operasi dengan permasalahan yang sama namun belum terselesaikan dengan sempurna. pada umumnya jenis permasalahan dan kerusakan yang menjadi alasan penyebab terjadinya blue screen, antara lain :

a. Permasalahan pada Video Graphic Array Card atau lebih dikenal dengan sebutan VGA Card (kartu grafis/gambar/layar), hal ini mencakup VGA card yang di overclock melebihi batas kemampuan atau Anda baru berganti VGA card yang belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda.

b. Permasalahan pada Audio Card (kartu sound/suara), meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

c. Komponen komputer yang terlalu panas akan memicu terjadinya kerusakan sehingga dapat terjadi blue screen atau bahkan mati total.

d. Memory dan processor yang cacat. sering-sering lah lakukan pembersihan dan pengecekan pada memory (RAM) dan processor yang pasta kurang mendukung sehingga komponen kurang dingin sempurna. bisa baca cara merawat komputer software dan hardware.

mudah-mudahan dengan mengetahui penyebab terjadinya blue screen dapat meminimalisir terjadinya blue screen. tulisan ini nantinya akan membahas juga untuk Penanganan masalah blue screen. @ekomulyadi90

untuk diperhatikan : usahakan instal program komputer sesuai dengan spesifikasinya. jangan terlalu memaksakan apabila spesifikasi komputer masih setengah-setengah. kalau mau yang yahud harus di upgrade untuk hardware atau perangkatnya. agar nantinya pada saat digunakan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pengalaman saya jika di paksakan menginstall atau instal ulang dengan mengabaikan Pesan Error Blue Screen maka Windows setelah selesai di Instal ulang, tidak butuh waktu lama akan menjadi Crash dan terjadi Blue Screen kembali.
Baca Juga

Comments

Wah Blog Mas Eko Mantap Cepet and Rapih, , ,

Ane baru aja ngalamin Blue Screen gan,,,kebanyakaan buka program malah tiba2 bunyi tuutt and keluar layar biru disertai tulisan banyak,,,awalnya ane takut mau gimna ternyata Terlalu panas ......

Popular posts from this blog

Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal

Root adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan android, hampir semua orang yang menggunakan android paham dengan apa itu yang disebut dengan root. Postingan ini Eko Mulyadi buat untuk memberikan suatu hal bagi anda mengenai root lebih dalam tentunya. Akan kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian root itu sendiri. Tips yang dilakukan setelah mengeroot hp android-sebagian orang pasti bertanya tanya, apakah yang dilakukan setelah mengeroot hp? memang kebanyakan orang agak bingung dengan pertanyaan semacam ini. nah untuk itu saya akan merangkum 15 hal yang dilakukan setelah anda mengeroot hp anda. lalu apa yang dilakukan setalah mengeroot hp? simak penjelasan berikut Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal 1. Install Custom rom Pilihan ini berada diurutan paling atas.instal rom dapat menambah rasa sayang terhadap hp anda juga.pada intinya instal custom rom yaitu mengganti keseluruhan tampilan,nama sistem,upgrade sistem.perubahan yang palin

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware dipilih sebagai lanjutan dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba . tentunya perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga memperoleh hasil atau kinerja komputer akan menjadi stabil. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya hal yang sangat dasar sering dilupakan dalam hal cara merawat komputer yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Cara Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7

Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7 menjadi bahasan berikutnya. Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Dimana jendela My Computer atau Windows Explorer tidak terdapat partisi harddisk yang kita miliki. Apabila hal tersebut terjadi di kita jangan terburu-buru panik dan lakukan googlling, dan ketemu dehh postingan Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7.