Skip to main content

Permasalahan Membuka File Office

trik yang sangat sederhana namun apabila terlalu diremehkan tentunya kita sendiri yang akan direpotkan, benar bukan? hal seperti ini sering saya jumpai pada teman sekampus (waktu jaman kuliah dulu, saya baru lulus tahun 2013 sih..hehe :p), teman main, teman kerja bahkan dia yang notabene ahli tentang komputer sempat beberapa instal ulang komputer atau laptopnya karena problem tersebut. mengapa demikian sih? apa sebegitu mudahnya sampai-sampai membuat orang lupa karena terlalu sederhana dan mudah? sehingga membuatnya "ah, gampang itu nanti install ulang aja juga beres" seperti itulah pembicaraan dari teman saya yang sudah ahli mengenai komputer namun juga mengalami hal kesulitan seperti itu. penasaran bukan? sebenarnya mengenai apa sih?

mumpung lagi ada semangat baru dalam menuliskan apa yang saya alami dalam dunia nyata untuk dibagikan ke rekan blogger sekalian. sebuah trik singkat untuk membuka file dari aplikasi file office (bisa berupa file dari word, excel, power point atau office yang lainya yah) yang nantinya saya contohkan menggunakan file dari excel (disertai gambar tutorial tentunya) agar rekan blogger semakin jelas dan paham apabila menghadapi permasalahan yang sama dengan saya.

awalnya mengeluhkan bahwa file-file dari kerjaannya tidak bisa dibuka dilaptop terbarunya. lho kok bisa? kan baru? pasti masih fresh kan? yah begitulah yang namanya juga musibah pasti tidak dapat disangka dan diduga kan?hehe
kesalahan awalnya dia melakukan aksi coba-coba gitu, tapi ya efeknya dia tidak bisa membuka aplikasi office-nya, tapi untunglah segera ditangani dengan cepat sehingga dapat menyelesaikan urusan kerjaan dengan tepat waktu.

trik yang saya terapkan pada laptop terbarunya yaitu :
1. buka windows explorer yah, lebih keren dan cepat pakai shortcut tentunya dengan menekan keyboard pada tombol Windows+E
untuk memudahkan penyamaan persepsi sebelum melakukan trik permasalahan membuka file office saya lampirkan screen capture.

permasalahan membuka file office_1

sebenarnya saja dari extensi file dapat dilihat termasuk jenis file apa, namun apabila pengetahuan mengenai extensi file masih terbatas seperti saya ini tentunya akan membuat repot.

2. cari file yang tidak bisa dibuka tersebut. misalkan pada tutorial kali ini pada file excel yah. apabila sudah ketemu (misalkan seperti langkah nomor 1, langsung lanjut saja ke langkah nomor 3 yah).

3. klik kanan pada file exccel tersebut lalu pilih properties.

permasalahan membuka file office_2

4. pilih change untuk mengganti jenis aplikasi yang akan membuka file tersebut.

permasalahan membuka file office_3

5. biasanya sih jenis aplikasi yang compatible (cocok) sudah ada di recomended programs, kalau belum ada dapat klik browse untuk mencarinya.

permasalahan membuka file office_4

6. apabila dirasa sudah cocok dengan extensinya (cari contoh yang gampang dong, hahaha) biar yang membaca mudah paham, bener kan??

permasalahan membuka file office_5

7. sehingga akan tampil seperti berikut.

permasalahan membuka file office_6

8. sekedar testing saja apabila file tersebut dibuka oleh aplikasi yang sesuai.

permasalahan membuka file office_7

trik sederhana membuka file office tersebut dapat juga diterapkan dengan file lain. namun perlu diingat apakah aplikasi atau program tersebut kompatibel dengan file yang kita miliki? apabila kompatibel tentunya tidak akan terjadi masalah. misalkan file musik ber-extensi *.mp3 awalnya dibuka menggunakan program aplikasi jet audio kemudian kita akan merubahnya dengan membuka file extensi *.mp3 tersebut menggunakan winamp. dapat ditebak bukan? pastinya file extensi *.mp3 tersebut akan berjalan mulus bukan?

sampai disini dulu ya teman, lain waktu akan saya bagikan trik sederhana lainnya mengenai komputer. @ekomulyadi90
Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal

Root adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan android, hampir semua orang yang menggunakan android paham dengan apa itu yang disebut dengan root. Postingan ini Eko Mulyadi buat untuk memberikan suatu hal bagi anda mengenai root lebih dalam tentunya. Akan kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian root itu sendiri. Tips yang dilakukan setelah mengeroot hp android-sebagian orang pasti bertanya tanya, apakah yang dilakukan setelah mengeroot hp? memang kebanyakan orang agak bingung dengan pertanyaan semacam ini. nah untuk itu saya akan merangkum 15 hal yang dilakukan setelah anda mengeroot hp anda. lalu apa yang dilakukan setalah mengeroot hp? simak penjelasan berikut Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal 1. Install Custom rom Pilihan ini berada diurutan paling atas.instal rom dapat menambah rasa sayang terhadap hp anda juga.pada intinya instal custom rom yaitu mengganti keseluruhan tampilan,nama sistem,upgrade sistem.perubahan yang palin

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware dipilih sebagai lanjutan dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba . tentunya perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga memperoleh hasil atau kinerja komputer akan menjadi stabil. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya hal yang sangat dasar sering dilupakan dalam hal cara merawat komputer yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Cara Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7

Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7 menjadi bahasan berikutnya. Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Dimana jendela My Computer atau Windows Explorer tidak terdapat partisi harddisk yang kita miliki. Apabila hal tersebut terjadi di kita jangan terburu-buru panik dan lakukan googlling, dan ketemu dehh postingan Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7.