Skip to main content

Cara Mengatasi NTLDR MISSING

Komputer tidak bisa booting, merupakan masalah yang sering dijumpai oleh para user. NTLDR MISSING merupakan yang paling populer untuk problem komputer tidak bisa booting. biasanya pesan ini muncul saat komputer booting pertama kali. hal tersebut dapat disebabkan karena beberapa hal. terkadang user mematikan komputer (shut down) secara tiba-tiba seperti mati listrik, komputer hang, bisa juga terkena serangan virus, uninstal program yang belum sempurna, komputer not responding dan lain-lain. pada umumnya, komputer gagal booting akan kesulitan masuk system operasi karena harus me-reload file system NTLDR tersebut. perbaikannya agak sedikit rumit, tapi menyenangkan kalau kita bisa menanganinya. ya kan? hehe


NTLDR MISSING, gagal booting, gk bs booting, black screen, restart terus

sekarang ini sistem operasi windows 7 saat ini banyak digunakan oleh user, pada khususnya di Indonesia. Apabila kamu punya komputer atau laptop yang telah beralih ke windows 7, terlebih jika sudah beli dan pake sistem operasi asli (original dari windows, #ane malah yg bajakan,,wkwk), sangat disayangkan sekali jika windows anda mengalami problem sesuai pembahasan ane kali ini. ane akan melakukan pembahasan lebih spesifik pada windows 7, karena netbook jadul ane pake windows 7, hahaha.
OK, ane akan share sedikit pengalaman tentang problem NTLDR is missing pada windows 7 yang terjadi pada laptop temen ane. setelah di googling, problemnya terjadi pada masalah partisi yang hanya dibuat satu partisi. masalahnya terjadi ketika hard disk akan dibuat menjadi 3 partisi. maunya temen ane itu, drive c untuk system, drive D untuk data, dan drive E untuk musik dan program master. sebelumnya ane sudah melakukan trik untuk membuat partisi pada windows 7. tapi kenyataan berkata lain, justru akibat buat partisi komputer malah gak bisa booting ke windows dan muncul NTLDR is missing.
cara yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1. masukkan dvd windows 7
2. setting bios untuk booting melalui DVD Drive.
3. setelah itu akan masuk ke instalasi windows 7.

halaman awal, windows 7

4. Pilih yang opsi yang kedua ya, seperti yang diberi tanda merah.

perbaikan ntldr missing, repair pc, repair laptop, repair windows 7

5. selanjutnya, pilih lokasi DVD windows 7 berada. karena sudah otomatis, maka klik next saja.

dvd repair, repair os, repair win 7, fix repair,

6. pilih yang ditandai, lalu akan muncul jendela Command promt.

fix manual, repair windows 7, command prompt
7. ketikkan perintah, "bootrec /rebuildBCD" (tanpa tanda petik). untuk eksekusi tekan ENTER.

copying file system

8. tuliskan kembali perintah ini, "bootsect /nt60 all /force /mbr" (tanpa tanda petik ya) dan tekan ENTER.

copying bootsect

kenapa di ganti sih? dari pengalaman ane, perintah bootsect /nt60 all /force /mbr akan menyalin file yang tidak ter-reload semua ke partisi kamu, dan semoga komputer atau laptop kamu normal kembali.

9. setelah itu, restart deh.

sekian cara mengatasi NTLDR MISSING pada windows 7. semoga bermanfaat yaa. apabila ada yang belum bisa, silahkan cantumkan di kotak komentar.
Baca Juga

Comments

mantap gan, terima kasih banyak ya ats ilmunya.. :)
Unknown said…
Gan,, ane kok gak bisa yah...
Timbulnya malah pilihan repair critical disk structure...
Eko Mulyadi said…
bisa dikatakan hd +irfan kena badsector
Setsuna's MIND said…
Harus pake dvd? flashdisk bisa gak??
Eko Mulyadi said…
+Setsuna's MIND bisa kok, hanya boot awal aja yg diganti ke fd.
alamnu said…
terimakasihhyh, bermanfaat sangatt, barakallah ilmunya
Unknown said…
Thanks gan, berhasil 😆
Unknown said…
Thanks gan, berhasil 😆
admin said…
Makasih,, sangat membantu
AL Azwar said…
Bisa gak klw pake dvd win7 bajakan?
Unknown said…
Terimakasih gan, mantappp
Unknown said…
min, ane kok ga bisa yah, setelah di restar malah timbul pilihan esc continue, ane continue malah ga bisa
Unknown said…
makasih min, 100% work
Unknown said…
makasih min, 100% work
Maulana said…
Makasih gan artikelnya sangat bermanfaat..
Unknown said…
makasih kak.. data c aman

Popular posts from this blog

Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal

Root adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan android, hampir semua orang yang menggunakan android paham dengan apa itu yang disebut dengan root. Postingan ini Eko Mulyadi buat untuk memberikan suatu hal bagi anda mengenai root lebih dalam tentunya. Akan kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian root itu sendiri. Tips yang dilakukan setelah mengeroot hp android-sebagian orang pasti bertanya tanya, apakah yang dilakukan setelah mengeroot hp? memang kebanyakan orang agak bingung dengan pertanyaan semacam ini. nah untuk itu saya akan merangkum 15 hal yang dilakukan setelah anda mengeroot hp anda. lalu apa yang dilakukan setalah mengeroot hp? simak penjelasan berikut Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal 1. Install Custom rom Pilihan ini berada diurutan paling atas.instal rom dapat menambah rasa sayang terhadap hp anda juga.pada intinya instal custom rom yaitu mengganti keseluruhan tampilan,nama sistem,upgrade sistem.perubahan yang palin

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware dipilih sebagai lanjutan dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba . tentunya perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga memperoleh hasil atau kinerja komputer akan menjadi stabil. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya hal yang sangat dasar sering dilupakan dalam hal cara merawat komputer yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Cara Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7

Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7 menjadi bahasan berikutnya. Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Dimana jendela My Computer atau Windows Explorer tidak terdapat partisi harddisk yang kita miliki. Apabila hal tersebut terjadi di kita jangan terburu-buru panik dan lakukan googlling, dan ketemu dehh postingan Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7.