Skip to main content

Cara Menghilangkan Virus "Shortcut" di Komputer

setelah sekian lama tidak mampir di warnet, kemarin malem ane mampir sebentar untuk mengobati rasa kangen sama warnet (hehe..bisa aja, masa kangen sama warnet). gak banyak sih yang ane waktu online nya. hanya ngambil paket personal saja, toh itu make cuma 1 jam saja. browsing, terus download lagu. lalu ane ingin transfer file lagu tersebut ke flash disk ane, ya dah ane colokin ke port usb di komputer ntuh. klik kanan file - send to - Eko Mulyadi (kebetulan pas namanya itu, hehe). selesai deh.

nah, masalahnya muncul di sini. ketika flash disk ntuh ane colokin ke netbook ane, kok ada peringatan gitu. ya sejenis virus "Shortcut" yang mencoba masuk dan mengacak-acak ke system windows ane, padahal ane gak ngundang mahluk lain untuk di kirim ke flash disk ane. untungnya ane pakai software anti virus Avast Free, memang lah untuk sekelas ane secara kantong dan dompet sama tipisnya dan buat makan aja masih pas-pasan. anti virus yang gratisan itu sangat dibutuhkan sekali untuk proteksi netbook ane, hehe. mayan kan gretongan dapet perlindungan dari virus-virus yang jahat. padahal di netbook ane gak ada data yang penting (menurut versi ane sih gitu).

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Komputerterus ane lakuin scan ke flash disk ane. mayan sih, makan waktu kurang lebih 1 jam untuk flash disk ukuran 4 giga. sambil menunggu selesai scan, ane sempetin juga untuk nyeduh kopi, mayan buat pelepas dahaga dan ilangin rasa ngantuk akibat kerja rodi seharian, hahaha.

pas ane cek lagi, ternyata virus di flash disk ane belum juga ilang. jangan panik, tetap bersemedi untuk menjelajah dunia mbah google. setelah ane browsing, didapatlah cara seperti berikut :

Berikut 6 langkah singkat yang sederhana bin praktis untuk menjirat si virus nakal yang dapat mengubah folder dalam USB flash disk menjadi shortcut.

1. matikan 'System Restore' komputer selama proses scanning. nanti klo sudah selesai, bolehlah di hidupkan lagi. Klik Kanan My Computer > Properties > System restore.
system restore pada windows xp

2. cabut kabel jaringan yang nyangkut di komputer (bila dalam jaringan, dan biar yg konek sama jaringan juga aman dari virus yang nakal bin jahat). nanti klo sudah aman, bisa di colok kembali.

3. Matikan proses virus yang aktif di memori dengan software ringan seperti 'Ice Sword'. Setelah di instal, pilih file yang memiliki icon "Microsoft Visual Basic Project ' kemudian klik 'End Process '. Silahkan download tools tersebut di Ice Sword

4. Hapus registri yang dibuat oleh virus dengan cara:
-. Klik [Start]
-. Klik [Run]
-. ketik REGEDIT
-. lalu klik [OK]
-. pada Registry Editor, masuk ke [HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Run]
-. Kemudian hapus kunci yang memiliki data [C: \ Document and Settings \% pengguna%].

5. matikan autoplay / autorun pada Windows.
-. masuk [Control Panel]
-. pada kotak [search] ketikan autoplay
-. klik [AutoPlay] dan hilangkan tanda cek pada [Use AutoPlay for all media and devices].

nonaktifkan auto play

6. Hapus File induk dan file duplikat yang dibuat oleh virus termasuk di flash disk. Untuk mempercepat proses pencarian, Anda dapat menggunakan 'Search'. Sebelum melakukan pencarian sebaiknya tampilkan semua file yang tersembunyi di Folder Options untuk mengubah pengaturan.
Jangan menunggu sampai sesuatu yang tidak beres pada saat master file atau menghapus file duplikat yang dibuat oleh virus. Kemudian hapus file induk virus fitur:
-. Icon 'Microsoft Visual Basic Project'.
-. Dimensi Berkas 128 KB (untuk varian lain akan memiliki berbagai ukuran).
-. File Ekstesi. 'Exe' atau. 'SCR'.
-. Jenis file 'Application' atau 'Screen Saver'.
Kemudian hapus file shortcut duplikat yang memiliki fitur ini:
>. Icon folder atau icon
>. Extension. LNK
>. File Type 'Shortcut'
>. Ukuran file 1 KB
Juga menghapus file. DLL (misalnya ert.dll) dan file Autorun.inf di flash disk atau folder yang di-share. Sementara untuk menghindari virus tersebut aktif kembali, hapus file induk memiliki EXE atau SCR terlebih dahulu ekstensi baru dan berkas Shortcut delete (LNK.).

Seperti biasa, untuk pembersihan yang optimal dan infeksi menecegah ulangi, harus menginstal antivirus dan melakukan scan dengan up-to-date dan mampu mendeteksi virus ini dengan baik. bisa juga dengan menggunakan anti virus lokal, yang ane rekomendasikan seperti Smadav.
Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal

Root adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan android, hampir semua orang yang menggunakan android paham dengan apa itu yang disebut dengan root. Postingan ini Eko Mulyadi buat untuk memberikan suatu hal bagi anda mengenai root lebih dalam tentunya. Akan kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian root itu sendiri. Tips yang dilakukan setelah mengeroot hp android-sebagian orang pasti bertanya tanya, apakah yang dilakukan setelah mengeroot hp? memang kebanyakan orang agak bingung dengan pertanyaan semacam ini. nah untuk itu saya akan merangkum 15 hal yang dilakukan setelah anda mengeroot hp anda. lalu apa yang dilakukan setalah mengeroot hp? simak penjelasan berikut Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal 1. Install Custom rom Pilihan ini berada diurutan paling atas.instal rom dapat menambah rasa sayang terhadap hp anda juga.pada intinya instal custom rom yaitu mengganti keseluruhan tampilan,nama sistem,upgrade sistem.perubahan yang palin

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware dipilih sebagai lanjutan dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba . tentunya perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga memperoleh hasil atau kinerja komputer akan menjadi stabil. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya hal yang sangat dasar sering dilupakan dalam hal cara merawat komputer yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Cara Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7

Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7 menjadi bahasan berikutnya. Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Dimana jendela My Computer atau Windows Explorer tidak terdapat partisi harddisk yang kita miliki. Apabila hal tersebut terjadi di kita jangan terburu-buru panik dan lakukan googlling, dan ketemu dehh postingan Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7.