Skip to main content

Analisis Regresi Berganda dengan Microsoft Excel 2007


Analisis Regresi Berganda dengan Microsoft Excel 2007
Analisis Regresi digunakan untuk membahas prediksi (peramalan) dalam suatu model yang terdapat variabel tidak bebas (dependent - Y) dan variabel bebas (dependent - X). Regresi berganda mempunyai satu variabel tidak bebas (Y) dan lebih dari satu variabel bebas (X) dengan menggunakan software Microsoft Excel 2007.

Dalam studi kasus berikut akan dijelaskan hubungan antara biaya promosi (variabel bebas) terhadap penjualan atau pendapatan (variabel tidak bebas). Metode regresi akan membahas apakah penjualan dimasa mendatang dapat diprediksi jika biaya promosi diketahui.
Mari kita langsung saja menuju TKP-nya.


Analisis Output
Persamaan regresi berganda dari hasil keluaran komputer dapat dilihat dalam range G19:G21 yaitu :

Analisis Regresi Berganda dengan Microsoft Excel 2007


Yang dapat dituliskan dalam persamaan,
                        Y = 143.734,48 + 73,28X1 + 103,701X2

Keterangan: X1 adalah variabel Promosi Penjualan dan X2 adalah variabel Periklanan.

1     Intercept sebesar 143.734,48 berarti tanpa adanya variabel Promosi Penjualan dan Periklanan, besar pendapatan adalah Rp. 143734,48.

2     Variabel Promosi Penjualan sebesar 73,28 (positif) berarti hubungan antara Promosi Penjualan dengan Penjualan adalah positif.angka tersebut juga berarti setiap kenaikan biaya promosi penjualan sebesar Rp. 1,00 akan meningkatkan pendapatan sebesar Rp. 73,28 atau 73,28%.

3     Variabel Periklanan sebesar 103,701 (positif). Artinya setiap kenaikan penjualan sebesar Rp. 1,00 maka biaya periklanan akan naik sebesar Rp. 103,701.


Analisis Grafik

Berikut adalah tampilan grafik yang keluar dari proses regresi.

Periklanan Residual Plot

Promosi Penjualan Residual Plot




Angka residual masing-masing variabel bernilai positif semua sehingga dapat disimpulkan bahwa model persamaan regresi berganda layak untuk digunakan dalam memprediksi pendapatan atau penjualan. 

Semoga tulisan Analisis Regresi pada Riset Pemasaran dari Eko Mulyadi bermanfaat bagi anda. 
Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal

Root adalah suatu hal yang sangat berhubungan dengan android, hampir semua orang yang menggunakan android paham dengan apa itu yang disebut dengan root. Postingan ini Eko Mulyadi buat untuk memberikan suatu hal bagi anda mengenai root lebih dalam tentunya. Akan kami bahas dengan lengkap mulai dari pengertian root itu sendiri. Tips yang dilakukan setelah mengeroot hp android-sebagian orang pasti bertanya tanya, apakah yang dilakukan setelah mengeroot hp? memang kebanyakan orang agak bingung dengan pertanyaan semacam ini. nah untuk itu saya akan merangkum 15 hal yang dilakukan setelah anda mengeroot hp anda. lalu apa yang dilakukan setalah mengeroot hp? simak penjelasan berikut Android kamu sudah di Root? Lakukan hal ini agar performa maksimal 1. Install Custom rom Pilihan ini berada diurutan paling atas.instal rom dapat menambah rasa sayang terhadap hp anda juga.pada intinya instal custom rom yaitu mengganti keseluruhan tampilan,nama sistem,upgrade sistem.perubahan yang palin

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware

Cara Merawat Komputer secara software dan hardware dipilih sebagai lanjutan dari masalah komputer mati sendiri secara tiba-tiba . tentunya perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik sehingga memperoleh hasil atau kinerja komputer akan menjadi stabil. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya hal yang sangat dasar sering dilupakan dalam hal cara merawat komputer yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Cara Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7

Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7 menjadi bahasan berikutnya. Mungkin diantara kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Dimana jendela My Computer atau Windows Explorer tidak terdapat partisi harddisk yang kita miliki. Apabila hal tersebut terjadi di kita jangan terburu-buru panik dan lakukan googlling, dan ketemu dehh postingan Cara  Menampilkan Drive / Partisi yang tersembunyi di Windows 7.